Jogja Istimewa PENGGUSURANYA

JOGJA ISTIMEWA PENGGUSURANNYA.Poster yang tak baru-baru amat, meski baru-baru ini saja keadaan makin memburuk di Temon, Kulon Progo yang diratakan oleh mega proyek NYIA yang melibatkan investor luar negeri.
Ini adalah versi termutakhir dari versi sebelumnya yang muncul di 2014, yang membedakannya hanya di bagian teks nya. Sebelumnya berbunyi “JOGJA ISTIMEWA HOTELNYA“, muatannya masih sama, terlebih busuknya.
Dahulu ketika poster “HOTELNYA” diciptakan, istilah “penggusuran” dirasa belum begitu elok ditampilkan, karena memang membawa istilah itu ke ruang publik kota ini bisa jadi akan dianggap melebih-lebihkan. Istilah Penggusuran masih asing di percakapan-percakapan harian, terlebih memang bedak menor keistimewaan selalu diumbar dalam ritme yang memuakkan. Keistimewaan kota ini sangat absolut dan ajaib, sehingga apapun bentuk-bentuk perampasan ruang hidup dan ekonomi dianggap tidak termasuk dalam kaidah bahasa alien “penggusuran”.
Hotel memang akhirnya menunjukkan ketamakannya, menyedot air di kampung-kampung dan membuat warga kelimpungan mendapati sumurnya kering karena selama puluhan tahun itu tidak pernah terjadi. Yang hilang bukan saja air, kampung itu sendiri pun perlahan lenyap, baik fisik maupun rohnya, yang padahal selalu diangan-angankan ke guyuban warganya.

Penggusuran akhirnya mendatangi Yogyakarta, mengancam, mengusir, memukul, menagkapi warganya sendiri. Bandara skala gila-gilaan ini bukan hanya akan membangun landasan ban pesawat dan jamban kelas dunia. Tapi puluhan hotel sudah siap dibangun di kawasan terluar NYIA. Dan hotel hanyalah sebahagian kecil pemain-pemain asing yang akan mengacak-acak Kulon Progo. Dan demi memuluskan agenda pelipat gandaan keuntungan para pemodal ini, penggusuran akan menjadi tontonan rutin kita, disamping tentunya menonton saudara dan tetangga kita sendiri beratraksi menjadi monyet-monyet tontonan pariwisata yang katanya demi turis-turis inilah anda-anda yang lahir di tanah subur ini harus ikhlas diusir.
ISTIMEWAAAA

*********
Poster ini gratis/free selama TIDAK ada kepentingan KOMERSIAL dalam penggunaan dan pengaplikasiannya. (This free material is not to be reproduced for Sales Merchandise or For-Profit Materials. Use it only to raise awareness) DILARANG KERAS mengubah/memodifikasi/mengedit materi visual apapun dalam desain poster ini tanpa pemberitahuan dan persetujuan sebelumnya. Poster ini dirancang dengan segala pertimbangan serius dan mendalam. Segala unsurnya telah didesain dengan memperhitungkan segala detail efektifitasnya. ANTI–TANK bertanggung jawab penuh terhadap semua materi visual yang telah diproduksi, sehingga tidak ada batas toleransi apabila hal penggunaannya dilanggar. Dan mohon segera mengirim foto atau dokumentasi hasil kerja penggunaan poster ini ke antitankproject@yahoo.co.id, karena dokumentasi tersebut akan diarsipkan baik secara pribadi maupun diarsipkan dalam antitankproject..com.
Juga dalam hal eksekusi penempelan poster di ruang publik harap mempertimbangkan sensitivitas tempat/spot. Karena ini demi kebaikan bersama. Dilarang menimpa mural atau gambar atau karya orang lain. Bagi saya karya orang lain apapun itu, sama PENTING nya. Dan sebisa mungkin untuk tidak menggangu karya siapapun di jalanan, coba manfaatkan sudut yang sekiranya tidak menggangu karya orang lain. Dilarang menempelkannya di rambu lalu lintas apapun. Dan dilarang menempelkannya ini di fasilitas rumah ibadah dan sekolah. Mari bergerak!

JOGJA ISTIMEWA PENGGUSURANNYA.JOGJA ISTIMEWA PENGGUSURANNYA BW

Advertisements

One response to “Jogja Istimewa PENGGUSURANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s