JOGJA ISTIMEWA HOTELNYA-Poster Download

jogja istimewaPoster ini diciptakan untuk pertama kalinya pada tahun 2014 lalu di bulan Oktober, pada kegiatan pembuatan mural “Jogja Asat” di Jembatan Kewek Yogyakarta. Sebagai mural kritik atas keringnya beberapa sumur warga di beberapa kampung di Yogyakarta yang diduga kuat disebabkan oleh maraknya pembangunan gedung-gedung raksasa semacam hotel, apartemen dan mall.
Yogyakarta kini memang sudah berubah. Jika dulu kota ini dipersepsikan sebagai sebuah kota yang damai, ramah, tertib, bersih, hijau, sekarang berubah drastis menjadi kota yang seolah-olah ingin terlihat modern. Modern dalam hal fisik pembangunannya. Bangunan-bangunan menjulang dibangun sebanyak-banyaknya di tempat yang tidak pas sama sekali, seperti di pemukiman kampung, mengakibatkan warga harus saling berebutan sumber daya air, bersaing dengan pihak hotel, apartemen dan mall. Kemacetan juga menjadi keluhan setiap orang, karena hotel memakan trotoar hingga badan jalan sebagai tempat parkirnya. Warga juga menjadi asing di kampung mereka sendiri, diakibatkan efek psikologi keberadaan bangunan besar di samping rumahnya.
Kampung adalah komponen penting bagi kota Yogyakarta, karena suasana “kampunglah” yang selalu diingat oleh mereka yang tinggal di luar Yogyakarta dan menyimpan impian untuk datang dan kembali ke Yogyakarta. Kampung adalah modal besar bagi citra kota ini, karena kampung seunik Yogyakarta hampir tidak bisa ditemui di daerah lainnya di Indonesia.
Tapi penguasa kota ini sepertinya sudah terlalu banyak makan makanan instan tak bergizi, sehingga melupakan akarnya sendiri. Mengorbankan warganya sendiri berhadapan dengan preman makelar tanah, bahkan ikut-ikutan mengancam akan mempidanakan bagi mereka yang bersuara sumbang seperti di Kulonprogo dan Gunung Kidul.
Keistimewaan yang merupakan transaksi politis yang berujung kepentingan ekonomi telah mengkhianati warganya sendiri, warga yang begitu antusias dalam slogan-slogan “Jogja Istimewa” digiring dalam kebutaan status Istimewa. Istimewa Hotel nya, Istimewa Mall nya, istimewa penggusuran nya, istimewa Feodalisme nya, Istimewa Tambang pasir nya.

jogja istimewa high color
Poster ini gratis/free selama TIDAK ada kepentingan KOMERSIAL dalam penggunaan dan pengaplikasiannya.
( This free material is not to be reproduced for Sales Merchandise or For-Profit Materials. Use it only to raise awareness )
DILARANG KERAS mengubah/memodifikasi/mengedit materi visual apapun dalam desain poster ini tanpa pemberitahuan dan persetujuan sebelumnya. Poster ini dirancang dengan segala pertimbangan serius dan mendalam. Segala unsurnya telah didesain dengan memperhitungkan segala detail efektifitasnya. ANTI – TANK bertanggung jawab penuh terhadap semua materi visual yang telah diproduksi, sehingga tidak ada batas toleransi apabila hal penggunaannya dilanggar.
Dan mohon segera mengirim foto atau dokumentasi hasil kerja penggunaan poster ini ke antitankproject@yahoo.co.id, karena dokumentasi tersebut akan diarsipkan baik secara pribadi maupun diarsipkan dalam antitankproject.wordpress.com.
Juga dalam hal eksekusi penempelan poster di ruang publik harap mempertimbangkan sensitivitas tempat/spot. Karena ini demi kebaikan bersama. Dilarang menimpa mural atau gambar atau karya orang lain. Bagi saya karya orang lain apapun itu, sama PENTING nya. Dan sebisa mungkin untuk tidak menggangu karya siapapun di jalanan, coba manfaatkan sudut yang sekiranya tidak menggangu karya orang lain. Dilarang menempelkannya di rambu lalu lintas apapun. Dan dilarang menempelkannya ini di fasilitas rumah ibadah dan sekolah. Mari bergerak.jogja istimewa high bw

2 responses to “JOGJA ISTIMEWA HOTELNYA-Poster Download

  1. Pingback: JOGJA ISTIMEWA HOTELNYA | RANGTALU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s