PETANI DITEMBAK

petani-ditembakAtas nama pembangunan, hutan, gunung, sawah dan kampung harus dibakar, digusur, diratakan. Rezim sedang bekerja! Bangun, pembangunan! selayak kesurupan roh sang bapak pembangunan. Karpet merah investasi digelar selebarnya, petani diam jangan protes. Berani melawan, bedil jawabannya!

Catatan akhir tahun 2016 Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat telah terjadi 450 konflik agraria di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Melibatkan konflik antara warga dengan aparat hingga negara. Negara disandra oleh kepentingan korporasi, yang hanya punya satu perhitungan pasti, keuntungan investasi. Diluar keuntungan melipat gandakan keuntungan pemodal semacam resiko limbah, hancurnya ekologi, pemusnahan masyarakat adat, kerusakan tatanan masyarakat, negara dan korporasi tak akan ambil pusing, libas!

Ilustrasi pada karya ini dicontek dari logo ikonik PUBLIC ENEMY, grup hip hop NY tahun 1982. Sekaligus tentu sebagai penghargaan dari saya yang bukan penggemar hip hop taat, tapi sekafir-kafirnya pun, mendengar Fight the Power! nya PE adalah modal cukup untuk mengatakan: Lawan!

*********
Poster ini gratis/free selama TIDAK ada kepentingan KOMERSIAL dalam penggunaan dan pengaplikasiannya. (This free material is not to be reproduced for Sales Merchandise or For-Profit Materials. Use it only to raise awareness) DILARANG KERAS mengubah/memodifikasi/mengedit materi visual apapun dalam desain poster ini tanpa pemberitahuan dan persetujuan sebelumnya. Poster ini dirancang dengan segala pertimbangan serius dan mendalam. Segala unsurnya telah didesain dengan memperhitungkan segala detail efektifitasnya. ANTI–TANK bertanggung jawab penuh terhadap semua materi visual yang telah diproduksi, sehingga tidak ada batas toleransi apabila hal penggunaannya dilanggar. Dan mohon segera mengirim foto atau dokumentasi hasil kerja penggunaan poster ini ke antitankproject@yahoo.co.id, karena dokumentasi tersebut akan diarsipkan baik secara pribadi maupun diarsipkan dalam antitankproject.wordpress.com.
Juga dalam hal eksekusi penempelan poster di ruang publik harap mempertimbangkan sensitivitas tempat/spot. Karena ini demi kebaikan bersama. Dilarang menimpa mural atau gambar atau karya orang lain. Bagi saya karya orang lain apapun itu, sama PENTING nya. Dan sebisa mungkin untuk tidak menggangu karya siapapun di jalanan, coba manfaatkan sudut yang sekiranya tidak menggangu karya orang lain. Dilarang menempelkannya di rambu lalu lintas apapun. Dan dilarang menempelkannya ini di fasilitas rumah ibadah dan sekolah. Mari bergerak!

petani-ditembak-bwpetani-ditembak

Advertisements

One response to “PETANI DITEMBAK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s