Warga Berdaya: Jogja Asat

IMG_2067-2Pada Kamis 2 Oktober 2014 lalu kita bersama Warga Berdaya melakukan aksi mural bersama di Jembatan Kleringan/ Kewek. Mural ini adalah bentuk dukungan kita kepada warga DIY yang mengalami dampak masalah dari semakin maraknya pendirian hotel di DIY.
Mural ini mengangkat tema JOGJA ASAT!. Asat bisa diartikan kira-kira sebagai kering atau surut, yang dalam hal ini konteksnya adalah mengeringnya sumur warga.
JOGJA ASAT merupakan sebuah karya aksi Warga Berdaya yang dikerjakan untuk menyikapi kegelisahan warga kota yang kekeringan air sebagai dampak dari pembangunan hotel dan mall yang marak di Yogyakarta. Sebuah aksi penolakan warga kota terhadap pembangunan hotel dan mall melalui kerja seni jalanan yang membawa suara-suara keberdayaan warga terhadap pemerintah kota yang buta-tuli dan pemilik modal yang rakus.
JOGJA ASAT merupakan bahasa perlawanan bersama warga Yogyakarta: tua-muda, kaya-miskin, pendatang-penetap, siapapun juga,… yang perduli terhadap maraknya pembangunan hotel dan mall yang gigantis dalam skala kota serta jelas-jelas mengingkari semangat Kota Yogyakarta yang organik. Dilihat dari sudut pandang pikiran yang waras dan berkeadilan sosial, pembangunan hotel dan mall jelas-jelas melanggar aturan tata kota dan mengingkari nilai keadilan, serta membawa dampak semakin menimbulkan kesenjangan sosial yang lebar. Keberadaan hotel dan mall tersebut menyedot sumber daya hidup warga kota di berbagai aspek, merampas kebutuhan dasar warga kota, terutama air. Warga kota yang tinggal di seputar hotel dan mall mengalami kekeringan sumur di musim kemarau, yang baru kali ini terjadi di sepanjang sejarah. Sebentar lagi, seluruh persediaan air Yogyakarta akan mengalami penyusutan dan anak-anak kita kelak tidak akan kebagian. Lingkungan kota kita sudah dan akan terus mengalami percepatan kerusakan secara luar biasa.
JOGJA ASAT merupakan potret pembangunan kota yang kering-kerontang dari akal sehat tanpa kreativitas, yang diputuskan dari kepentingan sesaat mengejar pertumbuhan pendapatan daerah. Atas nama investasi dan pendapatan daerah, sebagian besar warga kota justru mengalami degradasi kehidupan sosial dan lingkungan alam yang semakin buruk. JOGJA ASAT! merupakan sebuah peringatan kepada Walikota, Bupati Kepala Daerah dan aparatus pemerintahan kota untuk mengembalikan mandat kepada warganya. Supaya mereka sungguh-sungguh bekerja bersama untuk mengelola pembangunan kota secara transparan, demokratis dan mempunyai keberpihakan yang jelas terhadap kesejahteraan orang banyak, serta berwawasan lingkungan.
JOGJA ASAT merupakan sebuah rangkaian acara yang dikreasi oleh warga kota. Selama pengelolaan pembangunan kota mengingkari nilai kesejahteraan dan keadilan orang banyak, keberdayaan dan warga berdaya tetap akan selalu tumbuh dan berkembang.

Mural ini telah mengalami penyensoran dari pihak-pihak tertentu, karena di beberapa bagian muralnya telah ditimpa atau dirusak sehingga beberapa tulisan yang sangat penting menjadi tertutup atau hilang.
Bagian-bagian yang hilang itu adalah tulisan “RUNGOKNO, AJA TUTUP KUPING HAR (Dengarkan, Jangan tutup telinga Har, “Har” adalah singkatan dari Haryadi-walikota Yogyakarta), OJO NYEMBAH DUIT (Jangan menyembah uang), MAKELAR LEMAH (Makelar tanah), MILIRAN SUMURE ASAT, DICOLONG HOTEL FAVE (Miliran sumurnya kering, dicuri hotel Fave)  dan beberapa tulisan warga lainnya.
Penyensoran ini tentu tak berdampak apa-apa, karena ini membuktikan bahwa sesuatu yang buruk memang sengaja ditutup-tutupi. Dan sudah tugas bersama untuk membongkarnya. Mari bergerak!

 

2 responses to “Warga Berdaya: Jogja Asat

  1. Pingback: Yogyakarta Berhenti Nyaman

  2. Pingback: JOGJA ISTIMEWA HOTELNYA-Poster Download | ANTI-TANK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s