BIKE TO REMEMBER – Tolak Kedaluwarsa Kasus Udin.

bmx-udin-smallPada bulan Agustus 2014 ini, tepat di bulan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, kasus pembunuhan wartawan Fuad Muhammad Sjafruddin atau Udin, yang terjadi 18 tahun lalu, dikhawatirkan akan dikedaluwarsakan atau ditutup bulan ini. Hingga kini siapa dalang, pelaku dan motif sebenarnya di balik pembunuhan keji itu tidak bisa diungkapkan oleh Kepolisian.

Aliansi Jurnalistik Independent (AJI) selama ini telah mengupayakan berbagai cara dan desakan agar pihak Kepolisian secara serius menuntaskan kasus ini, tapi hingga kini kasus ini seakan ditutup-tutupi dan seolah diabaikan hingga masa penyelidikannya secara sepihak bisa ditutup begitu saja.

Di bulan ini AJI akan melakukan beberapa kegiatan aksi, yang berusaha membawa kasus ini ke permukaan, berusaha membawa pesan bahwa penyelidikan kasus ini harus serius dan tetap dilanjutkan.

Salah satu aksi kegiatannya adalah dengan bersepeda dan melibatkan masyarakat umum dari latar belakang apapun.
Aksi kegiatan ini berupa aksi bersepeda bersama mengelilingi beberapa rute, dengan mengambil start di Alun-alun Utara (sisi timur depan Jogja Gallery), kemudian akan bersepeda melewati Jl. Ibu Ruswo, Jl. Gondomanan, Jl. Mataram, Hotel Garuda, Jl. Malioboro lalu finish di 0 KM (depan Bank BNI), sambil membagikan komik tentang (alm)Udin, karya Sumiardi dan Andi Pensil Terbang. Di 0 KM juga akan dilangsungkan beberapa kegiatan seperti penayangan video mapping dan peletakan patung (alm) Udin.

Sekedar informasi, keterlibatan pesepeda dan Jurnalis yang tergabung dalam AJI, sebenarnya sudah berlangsung beberapa kali sebelumnya, komunitas sepeda dan beberapa jurnalis AJI pernah bekerjasama dalam peliputan aksi-aksi pesepeda dalam gerakan mengkritisi kondisi ruang publik Yogyakarta yang dirasa tidak ideal, seperti jalur sepeda dan lainnya. Maka melibatkan para pesepeda di Yogyakarta dalam aksi solidaritas ini adalah sebuah bentuk kerjasama humanis.

Maka ambil sepedamu dan mari bergabunglah Jumat 15 Agustus 2014, pukul 16.00 WIB di Alun-alun Utara Yogyakarta.

bmx-udin-small

One response to “BIKE TO REMEMBER – Tolak Kedaluwarsa Kasus Udin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s