98 Wiji Thukul

98 wiji thukulTugas dari mereka yang hidup adalah meneruskan perjuangan dari para mereka yang telah mendahului pergi untuk selama-lamanya. Perjuangan itu adalah tentang memberikan penghormatan terhadap mereka yang mengorbankan atau dikorbankan demi kenyamanan palsu berwujud kepatuhan. Memperpanjang nafas mereka di hari yang dulu sempat terhenti, hari dimana ketika bisikan dan tuntutan-tuntutan yang mereka tumbuhkan begitu memukau hingga dirasa berbahaya bagi kekuasaan dan membuat rezim menyebarkan pasukan-pasukan pencabut nyawa, bergentayangan 24 jam dan tersebar di darat, di air dan di udara. Mempunyai misi untuk memaksa pikun setiap kepala sehat yang sedang bermimpi bahwa kenyataan hidup sebagai sesama anak manusia haruslah bermartabat dan terhormat di mata kekuasaan.
Tugas dari mereka yang hingga detik ini masih bernafas adalah kembali melakukan bisik-bisik tuntutan, bahwa manusia detik ini harus lebih bermartabat dari detik kemarin. Bukan sebaliknya!
Tugas dari mereka yang masih memiliki jantung berdegup adalah memastikan bahwa setiap kerongkongan berhak menuntut hak yang dipaksa menjadi kemustahilan.
Tugas dari mereka yang masih memiliki darah segar adalah memastikan bahwa rezim jangan mencoba bermacam-macam dengan darah sipil walau setetes apapun.
Ini tugasmu, tugas ku, tugas siapapun yang mewarisi kemewahan demokrasi hari ini. Panjang Umur Keberanian!

98 wiji thukul

One response to “98 Wiji Thukul

  1. Pingback: 98 Wiji Thukul Poster | ANTI-TANK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s