Prawirotaman Car Free Night #2

IMG_0970-2Lama sekali tidak update apapun di sini, dan beberapa project sudah berlalu. Tapi akan saya coba kabarkan satu per satu.
Beberapa hari yang lalu saya dan beberapa teman terlibat dalam sebuah event kampung di Prawirotaman II atau jalan Gerilya. Event ini bernama Prawirotaman Car Free Night, sebuah festival kampung yang diselenggarakan oleh warga setempat dengan melakukan penutupan jalan raya pada tanggal 31 Mei 2014 pukul 19.00 hingga 22.00 wib dan menggelar berbagai kegiatan seni. Seperti tari-tarian, pantomim, musik, gelaran jajanan dan bentuk aktivitas warga lainnya.
Event ini diselenggarakan oleh masyarakat setempat sebagai bentuk aksi mereka untuk kembali membuka ruang publik yang nyaman dan bebas dari kendaraan bermotor. Sebuah usaha yang menarik karena berhasil membuat warganya sendiri bersama-sama ikut terlibat secara aktif dalam perannya masing-masing di wilayah kampungnya. Sebuah aktifitas yang semakin jarang kita temui belakangan ini.
Dalam event ini keterlibatan saya dan beberapa teman street art adalah diminta untuk membuat karya di sepanjang jalan Gerilya atau prawirotaman II. Tentu kita menyanggupinya, karena acara seperti ini sangat layak untuk didukung. Kita membuka komunikasi selebar-lebarnya dengan warga tentang peran kita di acara ini, seperti menyelenggarakan pre event yaitu membuat sebuah diskusi kecil terbuka tentang street art, sehingga warga dan siapapun yang hadir bisa memperoleh cerita tentang kegiatan yang kita tekuni selama ini, sebuah usaha untuk membagikan informasi, agar siapapun yang tertarik tentang pembahasan ini dapat memperoleh informasi dan pengetahuan secara lebih mudah.
Setelah penyelenggaraan diskusi, beberapa hari kemudian kita mulai memasang karya. Dan sebenarnya panitia memberikan lima tema besar dalam karya kita, yaitu cerita tentang Prajurit Prawirotomo, Tentara Hantu Maut, Industri Batik tulis, Pasar tradisonal dan pariwisata. Dan saya memilih tema batik tulis, karena di daerah prawirotaman II atau jalan Gerilya dulu banyak terdapat produsen batik tulis, yang kini mengalami kemerosotan jumlah yang sangat drastis.
Pesan yang ingin disampaikan adalah ajakan untuk berusaha menggunakan kain batik tulis, karena dengan menggunakannya saja sudah menjadi sebuah usaha yang paling mudah untuk melestarikan kerajinan nusantara ini.
Karya ini dalam penggarapannya dibantu oleh banyak pihak, seperti keterlibatan anak-anak kecil sangat bersemangat ikut membantu mengecat tembok yang akan saya pasang karya, juga teman-teman yang memberikan respon dekorasi sebagai pelengkap tampilan karya.
Sangat senang bisa terlibat dalam acara seperti ini, semoga acara ini dapat langgeng dan bisa ditiru oleh kampung-kampung lainnya.
Terimakasih.

info event https://www.facebook.com/pages/Prawirotaman-Car-Free-Night/1497107150513166

One response to “Prawirotaman Car Free Night #2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s