Poster Januari Mesin Pembunuh Asap – Sepeda

_MG_9480-2Beberapa poster di awalan Januari ini. Kita mulai dengan poster Mesin Pembunuh Asap – Sepeda. Semangat!

Ini adalah karya lanjutan dari karya sebelumnya yang pernah saya buat di tahun 2011 (Mesin Pembunuh Asap – Becak). Karya ini masih membicarakan isu yang sama tentang pentingnya menggunakan sarana transportasi yang lebih ramah, yaitu sepeda. Sepeda telah berjalan bersama manusia dari masa ke masa, mulai dari masa perkenalan manusia pada roda dan rantai hingga perkembangan sepeda terkini dengan keunggulan yang melebihi nenek moyangnya dahulu, namun tetap mempunyai semangat yang sama yaitu NOL BAHAN BAKAR.
Mesin ini dalam banyak kajian telah terbukti sebagai salah satu cara manusia untuk mempertahankan keseimbangan kondisi lingkungan dikarenakan kebutuhan mesinnya yang tidak mengkonsumsi literan bahan bakar. Sifatnya yang sederhana ini telah berhasil menjadi salah satu cara mudah yang paling nyata bagi siapapun yang memimpikan kebersihan udara dan setiap kayuhannya adalah semangat perwujudan mimpi tersebut.
Sebagai sorang pesepeda aktif, saya tidak pernah merasa bahwa dengan bersepeda saya sedang mengemban sebuah misi besar di pundak saya, seperti misi menyelamatkan bumi ini.
Bersepeda memang bisa mengurangi dampak polusi bagi bumi, tapi secara personal, bukantentang nasib bumi itu yang menjadi alasan seringnya bersepeda. Kemungkinan selamatnya bumi ketika saya memulai kayuhan pada pedal adalahsebuah konsekuensi positif dari tindakan yang tidak egois.
Terlepas dari konsekuensi heroik itu, saya lebih merasa bahwa bersepeda adalah sebuah wujud rasa syukur, rasa syukur pada alam yang sudah merawat tubuh dan pikiran saya sebegitu baiknya. Saya menghadiahi diri sendiri atas kesehatan yang sekarang masih dapat saya rasakan dengan segera duduk di atas pedal, menghadiahi kebahagiaan dengan mulai mengayuhnya, karena saya tahu banyak dari teman saya yang hari ini sudah tidak mampu lagi bersepeda, dengan karena karena kesibukan atau memang hanya mencari – cari alasan bahwa kebahagian mereka harus ditangguhkan hari ini.

Mari bersepeda, mari berbahagia.
!Andrew!

Leave a Reply

