Udin Poster

Udin redKebebasan pers bukan hanya mutlak menjadi kewajiban dari pers itu sendiri. Kebebasan dalam menyampaikan informasi dan kebenaran juga menjadi hak bagi semua individu, bukan hanya terbatas profesi sebagai jurnalis. Jurnalisme yang jujur adalah cermin dari bangsa dan masyarakat yang sehat, dan apabila upaya kejujuran yang sedang dibangun itu ditikam oleh usaha – usaha kotor dan keji dari pihak – pihak tertentu, harusnya ini menjadi alarm bahaya bagi semua kita yang mempunyai kesehatan nurani.
17 tahun lalu, tepatnya 16 Agustus 1996 Fuad Muhammad Syafruddin atau kini dikenal sebagai Udin Bernas, meninggal teraniyaya oleh orang tidak dikenal, di depan rumahnya di dusun Gelangan Samalo, Jalan Parangtritis Km 13 Yogyakarta.
Sebelum kejadian ini, Udin menulis serangkaian artikel yang berfokus pada proses seleksi Bupati Bantul yang beraroma suap. Udin juga kerap menulis artikel kritis tentang kebijakan pemerintah Orde Baru dan militer.
Kasus Udin menjadi ramai ketika Kanit Reserse Umum Polres Bantul Edy Wuryanto, saat itu berpangkat Sersan Kepala, dilaporkan telah membuang barang bukti, yakni melarung sampel darah dan juga mengambil buku catatan Udin, dengan dalih melakukan penyelidikan dan penyidikan.
Kasus ini belum tuntas hingga sekarang, dan tahun 2014 kasus ini terancam kadaluarsa, artinya kejelasan pembunuhan ini akan semakin tertutup rapat.
Pembunuhan ini bukan hanya menjadi ancaman bagi para jurnalis, tapi juga menjadi ancaman nyata bagi setiap orang yang mempunyai akal sehat untuk memberitakan kebenaran. Menjadi ancaman bagi kehidupan kita yang mendambakan kehidupan pers yang bebas dan merdeka.

Poster ini gratis/free selama TIDAK ada kepentingan KOMERSIAL dalam penggunaan dan pengaplikasiannya.
( This free material is not to be reproduced for Sales Merchandise or For-Profit Materials. Use it only to raise awareness )
DILARANG KERAS mengubah/memodifikasi/mengedit materi visual apapun dalam desain poster ini tanpa pemberitahuan dan persetujuan sebelumnya. Poster ini dirancang dengan segala pertimbangan serius dan mendalam. Segala unsurnya telah didesain dengan memperhitungkan segala detail efektifitasnya. ANTI – TANK bertanggung jawab penuh terhadap semua materi visual yang telah diproduksi, sehingga tidak ada batas toleransi apabila hal penggunaannya dilanggar.
Dan mohon segera mengirim foto atau dokumentasi hasil kerja penggunaan poster ini ke antitankproject@yahoo.co.id, karena dokumentasi tersebut akan diarsipkan baik secara pribadi maupun diarsipkan dalam antitankproject.wordpress.com.
Juga dalam hal eksekusi penempelan poster di ruang publik harap mempertimbangkan sensitivitas tempat/spot. Karena ini demi kebaikan bersama. Karena sepertinya untuk beberapa poster ada beberapa yang menimpa mural atau gambar atau karya orang lain. Terus terang, bagi saya karya orang lain apapun itu, sama PENTING nya dengan karya kita. Dan selama ini saya sebisanya untuk tidak menggangu karya teman – teman lainnya di jalanan, mencoba memanfaatkan sudut yang sekiranya tidak menggangu karya orang lain. Jadi kalau bisa jangannlah menggangu karya orang lain. Karena saya tahu betul bagaimana proses berkarya itu, membutuhkan modal baik materi atau tidak yang pastinya tidak sedikit. Jadi untuk menghindari segala kesalahpahaman dikemudiannya sebaiknya kita perlu lebih sensitif dan memperhatikan spot yang akan kita gunakan. Terimakasih.
!Andrew!

Udin Udin red

19 responses to “Udin Poster

  1. oiya mas, sekadar saran, agar lebih efektif disebar di jejaring media sosial (terutama Twitter, jika diizinkan), mungkin ada versi gambar dengan ukuran persegi. sehingga gambarnya nggak terpotong.

  2. Pingback: Menolak Lupa Terbunuhnya Udin Agustus 1996 Silam | fokusjabar.com

  3. Sedang menyaksikan acara anda di Metro Tv bang.
    Saya menyukai ide ide dan gaya anda.
    Secara konsep saya juga memiliki cara yang sama dengan anda, hanya saja belum bisa matang secara teknik.
    boleh kapan-kapan maen dan belajar bersama anda bang ?
    Salam Kenal.

  4. Pingback: Poster Jalanan Udin | ANTI-TANK

  5. Suka dech dengan gaya tenangnya Ito Andrew waktu acara kick andy, suka juga sama gambar2nya kereeeeennnn.. mau follow twitternya apa yach ?

  6. Pingback: ANTI – TANK di TRIBUN JOGJA | ANTI-TANK

  7. Salam. Saya Eva dari Majalah Tabuh. Edisi November nanti kami mengangkat tema “komunikasi visual”. Saya berencana untuk mewawancarai Anti-Thank, jika bersedia, kapan saya bisa menemui anggota Anti-Thank? Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s