Diskusi: WARGA BERDAYA DAN YOGYAKARTA YANG SUMPEK

428617_583484538351670_566505354_nPERGERAKAN:
WARGA BERDAYA DAN
YOGYAKARTA YANG SUMPEK

Hari Jumat, 10 Mei 2013 | Jam 16.00 – selesai

Rumah IVAA | Jalan Ireda Gang Hiperkes 188 A/B

Pembicara:
– Yoan Vallone – (Pegiat Sepeda)
– Elanto Wijoyono – (Pemerhati Warisan Budaya)
– Andrew Lumban Gaol – (Seniman Jalanan)
– Wawies Wisnu Wisdantio – (Arsitek)

Moderator:
Yoshi Fajar Kresno Murti

Perkembangan dan pembangunan pesat kota Yogyakarta pada saat ini membawa dampak besar pada spesialisasi fungsi ruang publik. Penataan serta pengelolaan ruang publik menjadi titik sorotan untuk dapat menjaga dan mengembangkan integrasi fungsional ruang publik kota. Hal ini mengacu pada kegunaan ruang publik sebagai penghubung utama interaksi masyarakat kota dan juga menjadi cerminan budaya Kota Yogyakarta. Penataan dan pengelolaan kota yang mengabaikan fungsi ruang publik akhirnya berdampak pada keresahan masyarakat yang perduli terhadap perkembangan kotanya.
428617_583484538351670_566505354_n

Diskusi ini akan mengangkat pergerakan yang dilakukan oleh “Warga Berdaya” untuk mengkritisasi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam penataan dan pengelolaan ruang publik di Kota Yogyakarta. Warga Berdaya menuntut perawatan dan pengembangan infrastruktur yang terbengkalai dengan cara melakukan beberapa aksi langsung di ruang publik. Aksi tersebut diantaranya adalah “Jogja Bike-Baik Saja”, “Merti Kutha” dan “Serangan Oemoem 1 Maret” yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam penataan dan perawatan infrastruktur ruang publik. Dalam aksi ini pula, Warga Berdaya mengkritisasi kebijakan pemerintah kota dalam penggunaan Cagar Budaya dan Situs Sejarah untuk kepentingan komersialisasi.

Sesi diskusi ini akan membahas tujuan, perkembangan, hasil dan cerita dibalik pergerakan tersebut. Diskusi ini diharapkan dapat memfasilitasi masukan dan pendapat yang dapat membangun dan mengarahkan pergerakan lebih lanjut. Diskusi ini juga diharapkan dapat memberikan penjelasan dan pengertian akan pergerakan yang dilakukan oleh Warga Berdaya.

more info IVAA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s