Serangan Umum Satu Maret – Rebut Ruang Kota Jogja / Photo Update

mg_1638-2Aksi Serangan Umum Satu Maret – Rebut Ruang Kota Jogja yang bertujuan untuk memutihkan Jembatan Kewek yang dilakukan secara massif pada tanggal 1 maret 2013 lalu berjalan dengan sangat baik dan menggembirakan. Ratusan teman dan kawan bersepeda datang dari berbagai penjuru kota, meninggalkan atribut kelompok maupun embel – embel superioritas, menyerbu Kewek pukul 19.00 wib. Semuanya datang dengan semangat dan perasaan yang sama atas dendam kesumat terhadap kebrutalan komersialisasi ruang publik jogja yang belakangan ini semakin memprihatinkan.
Semua bahu membahu mengembalikan wajah kewek yang sebegitu sememalukannya diperkosa oleh iklan tak penting. Semua sangat disiplin dengan mengkoordinir diri sendiri dalam menjaga solidnya gerakan. Semua orang bekerja dengan penuh semangat sesuai dengan tugas dan perannya masing – masing. Tak ada tangan yang diam. Tak peduli apakah wajah, pakaian atau tubuh berlepotan cat putih. Kawasan jembatan kewek yang lumayan luas itu berhasil diputihkan dengan waktu yang tak terlalu lama.
Dan ketika semua menjadi putih terlihat jelas wajah – wajah cerah para pahlawan hari ini. Pahlawan yang merelakan waktu, tenaga dan materi dalam menjaga dan mempertahankan kawasan cagar budaya dan warisan sejarah yang berwujud Jembatan Kewek. Semua terlihat puas dan bahagia, seperti ada suara di kepala mereka “kotaku tak lagi memalukan seperti kemarin, setidaknya wisatawan sudah tak malu lagi berfoto – foto di sini”.
Meskipun aksi ini bukanlah aksi pamungkas penyapu bersih ketidak beresan regulasi ruang kota, setidaknya aksi ini telah menunjukkan bahwa masyarakat biasa lah yang berhak memiliki ruang publik yang manusiawi, bukan korporasi ataupun parpol. Aksi ini telah membuka pintu – pintu kemungkinan lain yang mencerahkan, bahwa kita bersama – sama bisa membuat perubahan yang hampir tidak mungkin lagi diharapkan dari sistem yang sudah terlalu lama mandul dalam peran kongkritnya.
Panjang Umur Warga Berdaya! Panjang Umur Yogyakarta!
!Andrew!

Semua Foto dibawah ini adalah milik helena dan untuk foto yang lebih lengkap bisa dilihat di Macht kaputt was euch kaputt macht! 1.März 2013 in Yogya


2 responses to “Serangan Umum Satu Maret – Rebut Ruang Kota Jogja / Photo Update

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s