Dirgahayu!

Bukannya saya tidak bangga terhadap bangsa ini, dan hanya berusaha untuk melihat kejelekannya saja, tapi kejelekannya adalah sebuah kenyataan bukan?
Umbul – umbul kemerdekaan yang terpampang megah di setiap gapura di sekeliling kita mudah sekali tercampakkan oleh kenyataan yang menyedihkan dari kondisi negara yang sebenarnya.
Apakah kita sudah benar – benar merdeka dan bebas? Apalah arti kehebohan kemerdekaan bila masih adanya kenyataan senyata – nyatanya bahwa pemerintah biasa – biasa saja melihat ribuan warga diusir dari rumahnya di Porong Sidoarjo, dan hingga hari ini mereka hidup dengan kondisi yang sangat memalukan. Atau peran politik kita sangat terkurung dan hanyalah sebatas pemilihan calon preman berikutnya yang itu pun masih saja direcoki oleh syahwat alim ulama yang mengharamkan berbagai ini itu. Atau sedemikian dasyatnya regulasi pemerintah akan hak dasar pendidikan masyarakat hingga begitu sulitnya anak tak mampu, untuk masuk kelas sekedar belajar mengeja namanya sendiri. Atau secara sistematis SDA/M di berbagai wilayah indonesia dieksploitasi separah – parahnya oleh pemerintah demi memenuhi piring rakus pabrik – pabrik produsen asap, dan tanah air yang kita tinggali ini sekarang, sebenarnya sudah terjual habis dibalik kontrak perjanjian gelap yang berujung pada hutang dan penyembahan pada pemilik modal. Apalah arti kemerdekaan bila kita meributkan itu semua dan tiba – tiba satu persatu dari kita mulutnya akan berbuih arsenik, apalah arti kemerdekaan bila tak ada keadilan? Apalah arti kemerdekaan bila kemandirian bangsa hanyalah sebatas kepalsuan serupa produk palsu murahan buatan China.
Palsu dan tak berharga.

Dirgahayu indonesia, Dirgahayu untuk kita semua, bersabar sabarlah untuk menerima apa yang dipertontonkan oleh beliau beliau yang merasa dirinya sebagai pemimpin.
!Andrew!

more works

2 responses to “Dirgahayu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s