SHYZOPHERNIA: Panjang Umur HaveFun!

Ini adalah sebuah Tulisan Pengantar untuk Pameran solo Ervance Dwi Putramaydha, yang berjudul SHYZOPHERNIA yang akan berlangsung pada 17 – 23 Mei di Kedai Belakang Art Space Yogyakarta. Tulisan Pengantar ini dibuat di hari yang sama pula, dini hari sebelum pembukaan pameran malam harinya. Dan saya tulis sambil sedikit tergesa sebelum kantuk meradang. Maka kalau ada waktu ramaikanlah dan sampai ketemu disana.
*****************
SKIZOFRENIA adalah sebuah kata dari sebuah penyakit mental yang hampir tak semua orang memahaminya dengan benar, ini diakibatkan karena memang kurangnya informasi tentang penyakit ini. Tak banyak yang mengetahui apa arti sesungguhnya atau gejala dan kemunculannya apalagi penyembuhannya. Hampir sedikit sekali referensi menyeluruh tentang penyakit ini yang bisa memberikan penjelasan sederhana dan mudah dipahami oleh kebanyakan orang.
Sehingga saya pun agak sedikit binggung dan terkejut ketika Ervance datang dan meminta saya memberikan sebuah Pengantar tentang pameran solonya ini, yang rupanya bertajuk SHYZOPHERNIA, tentu sebuah permainan kata dari kata asalnya, SKIZOFRENIA.
Pemilihan judul ini menarik bagi saya, ini menarik karena secara tiba – tiba, saya diwajibkan membaca dan mempelajari berbagai referensi acak yang secara pribadi saya kumpulkan, atau ketika secara aduhai Ervance memberikan beberapa lembar tulisan tentang penyakit yang sepertinya menakutkan ini. Saya pun terpaksa mempelajarinya semampunya dan yah memang menarik. Menarik karena ternyata, walaupun tak banyak orang benar – benar memahami penyakit ini, saya berkesimpulan bahwa sesungguhnya hampir semua kita adalah penderita SKIZOFRENIA (tentu dalam artian ringan), termasuk saya!
Bagaimana tidak, siapa coba yang kadang “berkhayal” bahwa dia memiliki seseorang disampingnya ketika duduk di dalam bus atau kereta dimalam hari. Atau ketika tengah duduk dikursi tunggu penantian yang lama dan menyebalkan. Atau ketika sedang berjalan sendiri ditengah rutinitas yang membosankan, kadang perasaan “ditemani” itu muncul, entah dia berada disamping, didepan, dibelakang atau diatas atau bahkan didalam diri sendiri. Atau perasaan emosional yang secara entah mengapa, muncul tiba – tiba, itu semua adalah gejala ringan dari penyakit ini.
Kita menciptakan tokoh – tokoh dan karakter – karakter (yang awalnya) rekaan untuk menemani kita mengisi kekosongan ruang dalam persepsi yang kadang ingin kita bagi kepada orang lain, yang kadang dalam kehidupan sosial nyata secara ironi pengalaman dan persepsi itu tak mungkin bisa dibagi.
Pameran ini adalah pameran tentang karakter – kareakter itu. Ervance merayakan kemunculan tokoh – tokoh yang dipeliharanya secara baik lewat proses pengkaryaannya. Kita akan menyaksikan bagaimana para tokoh itu bercerita tentang pengalaman yang ingin dibagi Ervance yang secara ironis dia (mungkin) tidak bisa mengungkapkannya secara gamblang dalam pertemuan sosial yang nyata dan langsung, bukan imajinasi dan diatas kertas yang berwajah warna – warni.
Memahami karya Ervance seperti semacam terapi bagi diri saya sendiri, berwujud terapi karena saya diingatkan bagaimana seharusnya saya memperlakukan para tokoh yang memang kadang muncul disekeliling saya, dengan rupa, wajah, warna dan bau yang sebenarnya saya ciptakan sendiri dengan definisi – definisi spesifik. Para rokoh itu bermunculan begitu saja dengan harapan dapat menolong saya memperkokoh pijakan di tanah tak mapan bernama realitas atau menguatkan cengkraman pada tiang tinggi yang licin berwujud mimpi dan imajinasi. Pesan yang diusung Ervance dalam pameran solo nya ini mengingatkan setiap kita bahwa ada cara lain yang lebih manis untuk memperlakukan para tokoh kita itu, karena memang pada akhirnya toh itu untuk kebaikan kita juga.
Selamat dan salut untuk Ervance atas pameran pertamanya yang begitu bernyalinya berpameran solo. Semoga pameran ini dapat menonjok hingga berdarah setiap mulut yang sampai hari ini ogah – ogahan untuk berkarya dan menendang bokong mereka hingga bernanah yang sampai detik ini bermalas – malasan di atas alasan tak berkemampuan dan miskin kompetisi. Selamat. Panjang Umur HAVE FUN! Terimakasih.

!Andrew!
ANTI – TANK PROJECT

Leave a Reply

