ANTI – TANK Ide Garink

Hari pertama 2012 saya buka dengan berada di Solo. Bangun pagi, sedikit mandi, singgah di warung soto untuk sarapan dan langsung menuju stasiun Lempuyangan untuk berebut tempat ekonomi sekedar berdiri di kereta Pramex menuju Solo. Tapi tentu perjalanan singkat itu tidak begitu menyiksa karena saya sebenarnya ditemani Dhe dan Anto, dua teman saya yang lucu dan imut – imut. Sesampainya di stasiun Balapan Solo kita dijemput oleh seorang yang belum pernah saling bertatap muka sebelumnya. Dia adalah Rudi. Dia adalah panitia dari acara yang akan saya hadiri nanti.
Dan memang akhirnya saya bertahun baru di Solo. Tepatnya di Joglo Sriwedari. Untuk memenuhi undangan teman – teman Solo dari komunitas Ide Garink untuk sedikit berbincang dan berbagi cerita di acara ulang tahun yang kedua Ide Garink sekaligus sebagai pameran karya dan syukuran peluncuran zine ke 5 mereka.
Pengalaman ini cukup unik bagi saya, karena disamping baru kali ini saya berkesempatan merayakan tahun baruan di luar domisili saya, juga baru kali ini saya diundang untuk peluncuran sebuah zine. yap! tepat sekali! zine photokopian sederhana yang hanya berwarna hitam dan putih dan dicetak dikertas HVS yang disusun sekitar 20 halaman.
Ini cukup unik tentu. Karena ternyata saya masih bisa berbesar hati bahwa masih ada beberapa orang yang semangat menggarap media suka – suka seperti zine ini. Media yang semakin hari semakin berkurang peredarannya kini bisa saya temui di komunitas Ide Garink.
Secara personal saya adalah penyuka, pembaca, pengoleksi, pembuat dan pendukung zine. Bagi saya ada kekhususan tertentu dari zine bila dibandingkan dengan media cetak umum lainnya. Disitu kita bisa menemui hal – hal yang menarik, unik, aneh, absurb, lucu atau hal – hal yang tidak akan mungkin ditemui di media umum. Disitulah spesialnya zine itu. Semua orang bisa memperoleh sekaligus membuatnya. Dan ketika saya mengetahui harapan kelahiran umur baru di kota Solo saya tentu cukup senang. Cukup senang mengetahui bahwa beberapa dari generasi saya sekarang tidak hanya menjadi sekedar pembaca tapi penulis, tidak hanya sekedar penonton tapi pemain, tidak hanya sekedar pembeli tapi penjual dan tidak hanya menjual tapi membagi. Nilai inilah yang cukup inspiratif bagi saya. Melihat mereka teman – teman dari komunitas ide Garink yang terbilang tidak terlalu besar mau meluangkan waktu untuk sekedar membangun lingkar komunikasi, membangun hubungan dan saling mendukung antara satu dan lainnya, mencuri waktu dan menyisakan tenaga untuk membuat sesuatu yang melibatkan banyak teman dan merayakan produktifitas. Sangat inspiratif bagi saya.
Peran saya dalam acara itu adalah sebagai katakanlah nara sumber untuk acara sesi perbincangan/sharing. Dan waktu yang disediakan bagi saya, saya gunakan untuk menjelaskan apa itu ANTI – TANK, dan secuil aktivitasnya. Perbincangan ini menarik karena beberapa orang memberikan respon pertanyaan. Meski ada kendala teknis di sana sini tapi saya cukup menikmatinya. Bagaimana mungkin saya tidak menikmati, atas jerih payah mereka untuk acara itu dengan semua kenyamanan yang mereka berikan dan keramah tamahan teman – teman di sana. Saya sangat menghargainya. Solo benar – benar menunjukkan kehangatannya.
Untuk itu saya ucapkan banyak terimaksih untuk kalian  teman – teman Ide Garink yang sudah meilibatkan saya dalam usaha membangun komunitas kalian di sana. Terimaksih untuk beberapa zine yang kalian berikan, akan saya simpan itu sebaik mungkin. Semoga saja saya bisa membantu lebih dari sekedar sharing dan curhat seperti kemarin itu. Dan saya berharap kalian akan lebih giat membangun scene kalian, membentuk pola alternatif dan membangkitkan aktifitas yang lebih gila dan lebih kokoh lagi di Solo, bahkan melebihi daerah lain. Stay Active. Terimakasih.
!Andrew!

6 responses to “ANTI – TANK Ide Garink

Leave a Reply

