ANTI-TANK OFFICIAL PUBLIC ANNOUNCEMENT

Pada tanggal 31 Maret 2010, saya mendapatkan informasi mengenai sebuah buku yang diterbitkan oleh O.C Kaligis. O.C Kaligis telah menerbitkan sebuah buku dengan judul ‘KORUPSI BIBIT & CHANDRA‘, yang diresmikan pada peluncuran bukunya pada hari Senin 29 Maret 2010, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Saya sendiri belum mendapatkan buku itu, dan saya sama sekali tidak tahu menahu isi dari buku itu.

Beberapa teman mulai menanyakan tentang buku itu kepada saya karena ternyata buku itu menggunakan karya gambar milik saya sebagai cover/sampul buku tersebut. Karya gambar tersebut adalah karya yang pernah saya ciptakan untuk mendukung pembebasan Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, yang mana karya gambar itu saya sediakan di blog personal saya https://antitankproject.wordpress.com/2009/11/01/bebaskan-bibit-chandra/ dan http://racuntikus.deviantart.com/art/bebaskan-bibit-chandra-142183160 agar masyarakat bisa mengakses dan menggunakannya sebagai BAGIAN DARI GERAKAN DUKUNGAN PEMBEBASAN Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

saya yakin 100% bahwa gambar yang digunakan untuk cover/sampul buku tersebut adalah gambar yang sama, dengan karya gambar milik saya, walaupun ada beberapa modifikasi/perubahan minor pada warna, teks dan unsur visual lainnya.

Maka yang ingin saya pertegas disini agar tidak ada kesalahpahaman yang bisa saja menimpa saya atau siapapun itu, SAYA SAMA SEKALI TIDAK PERNAH membuat cover/sampul buku O.C Kaligis yang berjudul ‘KORUPSI BIBIT & CHANDRA’, dan SAYA TIDAK PERNAH melakukan hubungan apapun hingga hari ini, baik dengan penerbit ataupun sang penulis buku yang bersangkutan tentang cover/sampul buku tersebut.

Maka apapun isi dari buku tersebut TIDAK ADA HUBUNGANNYA/SANGKUT PAUTNYA DENGAN SAYA PRIBADI ataupun dengan ANTI-TANK

Saya sekarang sedang berusaha mengikuti dan mempelajari kasus ini, maka APAPUN YANG TERJADI dengan buku tersebut itu diluar kepentingan saya sebagai pemilik karya tersebut.

terimakasih, Andrew

disini ada beberapa link informasi tentang buku tersebut

http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/03/29/102420/OC-Kaligis-Luncurkan-Buku-Bertajuk-Korupsi
http://lipsus.kompas.com/topikpilihan/read/2010/03/29/16292830/Kaligis.Luncurkan.Buku.Korupsi.Bibit..Chandra

http://www.detiknews.com/read/2010/03/29/154159/1327895/10/oc-kaligis-marah-luncurkan-buku-korupsi-bibit-chandra
http://korupsi.vivanews.com/news/read/139898-kaligis_luncurkan__korupsi_bibit___chandra_

42 responses to “ANTI-TANK OFFICIAL PUBLIC ANNOUNCEMENT

  1. wah pantesan….
    perasaan kayaknya saya pernah lht tuh cover buku
    wah berarti OC kaligis ngambil tanpa izin dong??

  2. Maju trus Ndre ….!!! jangan biarkan orang-orang seperti O.C Kaligis mengajarkan bangsa Indonesia kebodohan-kebodohan tidak menghargai hak orang lain…Art Is Power…

  3. “ohya silahkan digunakan seperlunya, bikin stiker atau apa terserah…:) click download”
    INI DIA (mungkin) KALIMAT YANG BIKIN KARYA KAMU DI PAKAI (di curi)!

    tapi nafas karya ini sudah berubah dari fungsi awalnya sebagai GERAKAN DUKUNGAN PEMBEBASAN Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, lalu malah sekarang sebaliknya.

    LAWAN LAWAN!

    • iya kalo dalam hal ini ada kelemahan juga sih.. mungkin lain kali bro andrew perlu membuat garis batasan bahwa karya yang di release boleh dipakai untuk kepentingan non komersil… sekedar masukan aja…🙂

      tapi cukup kita tahu dalam tataran etika.. OC kaligis tidak memiliki etika yang mumpuni dalam menggunakan karya orang lain..memang dia bisa beralasan “bebas dipakai untuk apa saja”.. tetapi tetap dalam hal pemakaian perlu adanya konfirmasi atau komunikasi..

      maju terus bro andrew🙂

    • hmmm… kalimat ini memang memberatkan. kalo OCK dituntut gak bakal menang krn ada kalimat ini.

      buat pelajaran aja, kawan2 yang berjuang, biarpun open-source setiap penggunaan tetap harus dengan ijin pencipta, supaya lebih terkontrol dan pemakaiannya tidak melawan cita-cita dasarnya.

      salam,

      ay.

  4. yap. mungkin memang bukan ‘penyebarluasan’ pemakaian karya itu sendiri yang perlu dipersoalkan (memangnya foto yang dipakai untuk karya itu juga bikinan sendiri pulakkah?), melainkan ‘pemelintiran’ arah maknanya yang sialan bener.
    soalnya gimana ya kita dapat membalikkan lagi pemarodian pemarodian yang sialan ini. Biarin aja? Atau mustikah ada siasat lain? apa lagi kalau ingat keterbatasan amunisi maupun daya pancar (broadcasting) kita dibanding arus yang mau dilawan.
    ada yang tau caranya?

  5. Memang parah kelakuan mereka, memakai artwork orang tanpa izin, mereka orang intelek, orang berpendidikan, orang yang mempunyai gelar, tapi kelakuan mereka seperti sampah, pantas kah mereka disebut orang intelek ?????, apakah yang lebih cocok kita panggi IN-TELEK (DALAM TAI)….. nggak tau aturan……

  6. ha…maksudnya itu buku buat narik simpatik dan nyari dukungan sebagai melawan balik opini publik,…sekarang, uda jelas dari covernya pun mereka maen asal nyomot..ckckkckckk..bagaimana isi buku itu jika luarnya saja mereka hasil maling..

  7. pantes mas, pas liat di berita kmrn, rasanya terlalu bagus covernya untuk ukuran oc kaligis (sing nyebahi tur ketok nek di pengadilan plegak pleguk) hehe… salut buat anti tank!!🙂 btw, ada FB nya ga mas?

  8. Berani ngambil tuntutan ngga? Jangan cuman asal bicara. Bukti bisa aja dibuat. Tapi mana bukti yang otentik bahwa Anda yang bikin. Untung ngga dituntut. Kalau tidak ada bukti dan hanya file photoshop atau Coreldraw sendiri, itu masih belum cukup. Anda bisa dituduh hanya mereproduksi produk yang ada. Harus ada tanda tangan asli dan tanggal tertulis di atas hasil yang diprint. Baru Anda bisa ngomong demikian. Bersyukurlah ngga dituntut sama OC atau penerbit sebagai suatu fitnah. Tolong deh. Hati-hati mengatakan bahwa ini pernah dibikin oleh Anda. Itu celah hukum yang bisa berbalik menghantam Anda sendiri.

    Kalau Anda memang betul pelajari, maka pembelaan mereka akan terlalu simple dan bisa bikin Anda gigit jari. Dan akhirnya ini semua cuman jadi dugaan-dugaan di kalangan tertentu saja. Hati-hati bikin pengumuman. Kecuali Anda daftarkan karyanya sebagai hak paten. Baru Anda bisa bicara dengan bebas.

    • @Mahmud:

      Udah pernah baca UU Hak Cipta belom? Pembuktian hak cipta atas suatu karya itu nggak rumit. Gambar itu khan sudah diposting di blog ini tanggal 1 November 2009. Itu bukti bahwa Andrew penciptanya, karena gambar itu telah ada lebih dulu di blog daripada peluncuran bukunya OCK.

      Untuk mendapatkan hak cipta itu tidak perlu mendaftar. Hak cipta lahir otomatis sejak karya cipta dibuat. Jadi jelas anda salah kalau bilang harus didaftarkan dulu baru dapat hak cipta. Makanya, baca bener2 UU Hak Cipta.

      Penyalin gambarnya Andrew untuk jadi cover bukunya OCK itu jelas2 telah melanggar Pasal 24 UU Hak Cipta, karena telah mengubah tulisan yang ada di gambar itu dari “Bebaskan Bibit & Chandra” menjadi “Korupsi Bibit & Chandra” tanpa izin dari Andrew. Padahal tulisan itu satu kesatuan dengan gambarnya. Sanksinya 2 tahun penjara buat orang yang melanggar Pasal 24 UU Hak Cipta itu, lho.

      Anda juga jangan bawa-bawa hak paten segala. Hak cipta dan hak paten itu beda, mas. Jauh bedanya🙂

      • Tinggal kita lihat aja. Antitank sampai seberapa jauh bisa permasalahkan ini. Yang jelas kalau dari cerita OC, dia lepas tangan. Karena itu tanggung jawab si penerbit. Mendingan dia minta uang ama penerbit kalau dia mau. Praktis dan tidak banyak masalah.

        • @Mahmud :
          Sebenarnya gua juga setuju sama Mahmud. Bikin pengumuman ini juga cuman ngasih tahu doang. Kalaupun mau nuntut, OC bisa lepas tangan dengan pembelaan yang diomong di detik.com . Penerbitnya yang bisa dituntut. Bukan OC-nya. Malahan kalau begini, OC bisa balik nuduh bahwa antitank mau cari muka di media massa. Bukan apa-apa gan. Gua setuju dengan Mahmud untuk yang satu ini.

  9. Pada awalnya saya senang dengan berita ini (berita OC njiplak). Berharap OC kena batunya. Siapa sih yang ga sebal sama pengacara koruptor yg satu ini? Tapi membaca komentar Mahmud di atas, bahwa tak mudah untuk memproses secara hukum, antusiasme saya sempat mereda. Mudah2an gerakan antikorupsi tetap menggelora sambil berharap OC tetap kena batunya.

  10. @Andrew:

    Jangan takut untuk bersuara dan menuntut hak anda. Ada banyak lawyer yang siap mendampingi anda. Apalagi kalo cuma untuk menghadapi tekanan dari kroco-kroconya OCK.

    Maju terus, Andrew!

  11. Pingback: Cover Buku OC Kaligis Mencuri Desain Andrew Anti-Tank?

  12. meskipun ock bener2 gak tau urusan cover itu, tapi kalo dia jantan sih harusnya bertanggungjawab. bagaimanapun juga ada nama dia di sana.

    sekali lagi, itu kalo dia laki lho ya😀

  13. kk andrew aku boleh ya ngasih masukan hhe
    mungkin ke depannya, kak andre bisa menggunakan lisensi creative commons untuk membebaskan karyanya hhe
    Sehingga orang2 tahu bahwa karya kk yang di umumkan ada garis batasan yang lebih tegas yg dicantumkan oleh lisensi cc tersebut untuk pemakaian apa saja.
    Apakah memungkinkan adaptasi karya atau untuk kepentingan komersial/non-komersial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s